Jurnal Netnografi Komunikasi
Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Netnografi Komunikasi Volume 3 No. 1 Tahun 2024

KETERLIBATAN AUDIENS DALAM MENDUKUNG KARYA INFLUENCER DI INSTAGRAM

Putri, Erli Alifah Natasya (Unknown)
Widodo, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tema interaksi online dalam upaya mendukung promosi karya yang dilakukan oleh influencer @ntsana. Konsep yang digunakan adalah interaksi online termediasi dan Promosi Karya melalui media sosial. Metode yang digunakan adalah deskriftif kualitatif, peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis tematik, peneliti mengidentifikasi, menganalisis dan melaporkan tema-tema atau pola-pola yang terdapat dalam data-data temuan peneliti. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat empat jenis tema yang muncul dalam unggahan @tsana, yakni (1) tema keterlibatan audiens, (2) tema unggahan informatif, (3) tema caption menarik interaksi, dan (4) tema membangun kedekatan. Keterhubungan tema-tema tersebut mendukung promosi karya dengan adanya unggahan karya, reaksi komentar, dan pesan promosi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

netnografi

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Fokus dan cakupan utama naskah riset yang kami publikasikan mencakup (tetapi tidak dibatasi) dalam kajian internet, netnografi, media sosial, dan digitalisasi komunikasi, khususnya meliputi: 1. Metodologi Penelitian Netnografi; 2. Objek kajian sibernetika, jejaring internet, dan media sosial; 3. ...