Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan E-Modul Fisika yang layak untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar; (2) mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar setelah menggunakan E-Modul Fisika; (3) mengetahui kepraktisan media E-Modul Fisika dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar; (4) mengetahui keefektifan E-Modul Fisika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah RD dengan model 4D (Define, Design, Development dan Disseminate). Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI yang berlokasi di Sleman. Teknik pengumpulan data meliputi tes berupa pretest dan posttest, non tes, warwancara serta observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik simpangan baku ideal (SBi), Aiken’s V, Quest, Standard Gain, Manova, Effect Size, dan IJA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media E-Modul Fisika layak digunakan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar; (2) media E-Modul Fisika meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan nilai N-Gain sebesar 0,73 pada kategori tinggi dan kemandirian belajar dengan nilai N-Gain sebesar 0,68 pada kategori sedang (3) media E-Modul Fisika praktis digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar, dan (4) media E-Modul Fisika efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar. Kata Kunci: e-modul fisika, problem based learning, fluida statis, keterampilan berpikir kritis, kemandirian belajar
Copyrights © 2024