Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 11, No 2 (2024): Jurnal Pendidikan Fisika

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE MAKE A MATCH TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA DAN PENCAPAIAN SIKAP KERJASAMA PESERTA DIDIK

Meilinda, Maria Macdalena Nur (Unknown)
Wiyatmo, Yusman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya perbedaan peningkatan penguasaan materi Alat Optik dalam Kehidupan Sehari-hari antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan Metode Make a Match, model pembelajaran kooperatif, dan model konvensional dengan metode ceramah; (2) mengetahui adanya perbedaan pencapaian sikap kerjasama antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe STAD dengan metode Make a Match, model pembelajaran kooperatif, dan model konvensional dengan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimental research dengan pretest-posttest control group design. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII salah satu SMP negeri di Kabupaten Sleman. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik Tes dan Non-Tes. Instrumen yang digunakan adalah RPP, LDPD, perangkat permainan Make a Match, lembar soal pretest dan posttest, lembar observasi sikap kerjasama peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan RPP, dan lembar validasi instrumen. Teknik analisis yang digunakan adalah N-Gain, Manova, effect size, dan analisis ketercapaian sikap kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar pada materi Alat Optik dalam Kehidupan Sehari-hari yang ditunjukkan dengan nilai N-Gain untuk peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Make a Match sebesar 0,71 (tinggi), model pembelajaran kooperatif sebesar 0,49 (sedang) dan model pembelajaran konvensional sebesar 0,51 (sedang); (2) terdapat perbedaan pencapaian sikap kerjasama peserta didik yang ditunjukkan dengan ketercapaian sikap kerjasama untuk peserta didik yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode Make a Match sebesar 89,61% (sangat baik), model pembelajaran kooperatif sebesar 83,52% (sedang), dan model pembelajaran konvensional sebesar 80,00% (sedang).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...