Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 11, No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Hati, Fadhila Kusuma (Unknown)
Setiaji, Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites yang layak digunakan untuk pembelajaran, mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites, dan mengetahui keefektifan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model 4D yang meliputi 4 tahap, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket respon peserta didik, angket kemandirian belajar, serta soal pretest-postest. Data kemudian dianalisis menggunakan SBI, V Aiken, SPSS, dan standar gain untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis, serta uji manova dan effect size untuk mengetahui kefektivitasan e-modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites pada pembelajaran gerak harmonik sederhana layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, terdapat peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang berada dalam kategori sedang, serta e-modul fisika model PBL berbantuan google sites efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori besar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pfisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Fisika, Departemen Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan karya ilmiah atau artikel dari hasil penelitian bidang pendidikan fisika. ...