Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites yang layak digunakan untuk pembelajaran, mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah menggunakan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites, dan mengetahui keefektifan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan model 4D yang meliputi 4 tahap, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket respon peserta didik, angket kemandirian belajar, serta soal pretest-postest. Data kemudian dianalisis menggunakan SBI, V Aiken, SPSS, dan standar gain untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis, serta uji manova dan effect size untuk mengetahui kefektivitasan e-modul yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan e-modul fisika model PBL berbantuan google sites pada pembelajaran gerak harmonik sederhana layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik, terdapat peningkatan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang berada dalam kategori sedang, serta e-modul fisika model PBL berbantuan google sites efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan kategori besar.
Copyrights © 2024