Waspada : Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan
Vol 12, No 2 (2024): WASPADA

Pengaruh Konsentrasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VI MI Ma’arif Beji

Wardani, Yeni Setyo (Unknown)
Widayati, Sri (Unknown)
Sarwono, Ridha (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2024

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasilbelajar mata pelajaran IPS siswa kelas VI MI Ma’arif Beji Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi dalam penelitianini berjumlah 35 siswa kelas VI dengan teknik sampling total. Variabel yang diteliti yaitu konsentrasi belajardan hasil belajar IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukurkonsentrasi belajar dan dokumentasi dengan nilai ulangan harian IPS untuk mengukur hasil belajar IPS siswa.Data dianalisa dengan aplikasi SPSS 21 menggunakan uji normalitas, uji korelasi, uji regresi, uji signifikansidan penarikan hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh konsentrasibelajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VI MI Ma’arif Beji Kecamatan Ungaran TimurKabupaten Semarang. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t hitung lebih besar dari t tabel (4,995 > 2,035) dengannilai Sig. 0,00 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan uji regresilinier sederhana, persentase pengaruh konsentrasi belajar terhadap hasil belajar yaitu 43,1% dan 66,9%dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.Kata kunci: Konsentrasi Belajar, Hasil Belajar IPS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

waspada

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

WASPADA - Jurnal Wawasan Perkembangan Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Pengembangan Pendidikan Guru. Redaksi mengharapkan para peneliti, penulis dan pakar bidang Pendidikan dapat turut menyumbang naskah kemajuan dunia pendidikan dan jurnal ...