Komunikasi pemasaran merupakan jenis komunikasi yang digunakan untuk mempromosikan produknya dengan memberikan informasi dan mendorong pengguna untuk menggunakannya. Periklanan merupakan sarana perusahaan yang digunakan untuk memasarkan produknya. Periklanan merupakan alat yang penting dalam menciptakan sikap dan perilaku pelanggan. Dalam promosi melalui iklan, periklanan seringkali menjadi fokus utama karena periklanan mampu menjangkau konsumen secara luas. Emotional Advertising adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan emosi konsumen untuk menciptakan hubungan antara merek dan konsumen. Ikatan emosional yang diciptakan oleh suatu merek adalah faktor paling menonjol terkait pembelian, dan prinsip ini berlaku di negara mana pun. Penggunaan daya tarik iklan emosional dalam komunikasi pemasaran berbagai merek merupakan tren saat ini dan dianggap sebagai bagian penting dari praktik pemasaran modern. Kampanye periklanan yang dirancang dengan tepat dan tepat sasaran serta memiliki daya tarik emosional dapat menciptakan hubungan emosional yang kuat antara pelanggan dan merek. Untuk penelitian ini, metodologi kualitatif yang digunakan adalah studi literasi. Peneliti mengumpulkan data dari hasil penelitian jurnal terdahulu dan artikel terkait komunikasi pemasaran khususnya yang berfokus pada penggunaan emotional advertising untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa variabel emotional advertising mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada marketplace Shopee. Selain itu penggunaan emotional advertising pada komunikasi pemasaran juga harus memperhatikan karakteristik audiens sehingga efektif dalam mempengaruhi keputusan pembelian.
Copyrights © 2024