Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 13, No 1 (2024): Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam

Pengaruh Strategi Project Based Learning dalam Pembelajaran PAI terhadap Kreativitas Desain Kaligrafi di SMP Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan

Firdaus, Ana Anisatul (Unknown)
Ainol, Ainol (Unknown)
Muttaqin, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2024

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi project based learning dalam pembelajaran pai terhadap kreativitas desain kaligrafi di SMP Taruna Islam Kraksaan. Sampel dalam penilitian ini adalah seluruh peserta didik SMP dengan jumlah 60 peserta didik. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dan tekhnik penggumpulan data dalam penilitian ini adalah observasi keterlaksaan proses belajar dan menggunakan kuesioner yang dibagikan keseluruh peserta didik. Hasil penilitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh strategi project based learning dalam pembelajaran pai meningkatkan kreativitas desain kaligrafi peserta didik SMP Taruna Islam Kraksaan. Hasil analisis ini terbukti dari hasil analisis data dari rumus uji-t dengan t-hitung sebesar 9,120, kemudian t-hitung dibandingkan dengan t-tabel yaitu 9,120 > 0,2144 (t hitung > t tabel) maka Ha diterima Ho ditolak. Menunjukkkan bahwa kreativitas peserta didik meningkat dengan setelah menggunakan strategi project based learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadib

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Ta'dib : Jurnal Pendidikan Islam focuses on research results relating to the issue of Islamic religious education. The scope of Journal (but not limited) are: Philosophy of Islamic Education; History of Islamic Education; Theological Foundation of Education; Policies of Islamic Education; Politics ...