SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 02 (2024): SABAJAYA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Pelatihan Pembuatan Iklan Layanan Masyarakat Secara Online bagi UMKM

Nurfaedah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Dalam era digital yang terus berkembang, pemasaran produk dan layanan semakin penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar tetap bersaing dan berkembang. Seiring pergeseran perilaku konsumen ke platform digital, UMKM perlu mengadaptasi strategi pemasaran agar relevan. Salah satu strategi efektif adalah iklan layanan masyarakat online, memberikan UMKM peluang memanfaatkan platform digital seperti media sosial dan situs web untuk menciptakan iklan menarik. Meski peluang pemasaran digital terbuka, masih banyak UMKM yang perlu memahami potensi strategi ini. Digital marketing memungkinkan memperkenalkan produk secara luas dan menarik minat konsumen. Iklan Layanan Masyarakat (ILM) berfungsi meningkatkan kesadaran sosial, tidak hanya keuntungan ekonomi. Kemajuan media sosial juga memperluas peluang pemasaran UMKM. Namun, masih kurangnya kesadaran tentang digital marketing, sehingga pelatihan menjadi langkah proaktif. Penting bagi UMKM untuk memanfaatkan teknologi dan media sosial, serta mendapatkan sertifikasi kompetensi untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Pemanfaatan sosial media memberikan kenyamanan bagi konsumen dan berpotensi meningkatkan laba UMKM. Dengan demikian, pelatihan pembuatan iklan layanan masyarakat secara online memberikan pemahaman, keterampilan, dan sertifikasi yang berdampak positif pada pertumbuhan UMKM dan ekonomi lokal secara keseluruhan.

Copyrights © 2024