Cendikia Pendidikan
Vol. 6 No. 3 (2024): Sindoro: Cendikia Pendidikan

PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS XI MAS AL-ITTIHAD AEK NABARA

Hasibuan, Zilfania Br (Unknown)
Ruwaidah, Ruwaidah (Unknown)
Betti Megawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

ABSTRAKPelnelliltilan ilnil belrtujuan untuk untuk melngeltahuil Pelngaruh Pelmbellajaran Pelndildilkan Agama Ilslam Telrhadap Pelmbelntukan Karaktelr Pelselrta Dildilk Kellas XIl Mas Al-Ilttilhad Aelk Nabara, bailk selcara Tels maupun Non Tels. Populasil dalam pelnelliltilan ilnil adalah para Silswa Kellas XIl Mas Al-Ilttilhad Aelk Nabara, waktu pelnelliltilan daril bulan Marelt sampail Melil 2024 yang tildak dapat diltelntukan jumlahnya. Pelnelntuan jumlah sampell melnggunakan rumus arilkunto delngan jumlah 38 orang dan Meltodel analilsils yang dilpelrgunakan adalah meltodel analilsils Tels, Ujil Valildiltas Tels, Rellilabilliltas , dan Ujil hilpotelsils. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam berpengaruh dan signifikan terhadap Karakter Peserta Didik Kelas XIl Mas Al-Ittihad Aek Nabara. Hasil uji hipotesis diperoleh bahwa thiltung < ttabell yaitu 2,648 < 1.685 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh yang signifikan antara Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Peserta Didik Kelas XIl Mas Al-Ittihad Aek Nabara. Kata Kunci: Pelmbellajaran Pelndildilkan Agama Ilslam, Karaktelr Pelselrta Dildilk.ABSTRACTScientific education aims to find out the influence of Islamic religious education learning on the development of the character of student students in Class The population in the ilnil training is the students of Class The sample number was determined using the arilkunto formula with a total of 38 people and the analytical methods used were the Tels analytical method, Tels Validity Test, Rellilabilliltas, and Hilpotelsils Test. The results of partial hypothesis testing (t test) show that Islamic Religious Education Learning has a significant and significant effect on the Character of Class XIl Mas Al-Ittihad Aek Nabara Students. The results of the hypothesis test showed that thiltung < ttabell, namely 2.648 < 1.685, so H0 was rejected and Ha was accepted, so that there was a significant influence between Islamic Religious Education Learning on the Character of Class XIl Mas Al-Ittihad Aek Nabara Students.Keywords: Islamic Religious Education Lessons, Characters of Educational Students.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sindorocendikiapendidikan

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Sindoro: Cendikia Pendidikan. Jurnal ini terbit tiap bulan dalam setahun. Jurnal ini termasuk jurnal open acces yang memungkinkan penulis dari berbagai lintas dapat elaborasi untuk menulis di jurnal ini. Jurnal ini merupakan buah pemikiran dari terhadap bidang Ilmu khususnya Pendidikan. Jurnal ini ...