Jurnal Mekanova : Mekanikal, Inovasi dan Teknologi
Vol 10, No 1 (2024): April

KEKUATAN LELAH (FATIGUE) PADA PEGAS ULIR TEKAN DI UNIT VIBRATING SCREEN AKIBAT ADANYA BEBAN SIKLIK (BERULANG) YANG DIHASILKAN OLEH GETARAN BANDULDENGAN MENGGUNAKAN UJI FATIK (FATIGUE TEST)

Darmadi, Herry (Unknown)
Tarigan, Nurlianna (Unknown)
Sitompul, Roganda (Unknown)
Kurnia, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Apr 2024

Abstract

Pegas merupakan sebuah elemen fleksibel yang digunakan untuk menghasilkan gaya atau torsi dan pada saat yang sama menyimpan energi. Pada vibrating screen, pegas ulir tekan digunakan sebagai pendistribusian gaya yang dihasilkan oleh getaran bandul. Getaran bandul pada vibrating screen memberikan beban siklik (berulang) terhadap pegas, yang mengakibatkan pegas mengalami kelelahan pada sifat elastisitasnya secara berkala. Kelelahan yang terjadi pada pegas merupakan faktor penyebab berkurangnya effisiensi berdasarkan kuantitas. Karena pegas dapat mengalami kelelahan maka haruslah diperhitungkan kekuatan lelah (fatigue) pegas yang akan digunakan, guna menghindari terjadinya kerusakan pada pegas. Pada penelitian ini dilakukan pengujian kelelahan pada pegas ulir tekan dengan bahan baja Carbon AISI 1045 dengan kategori baja Carbon menengah menggunakan alat uji mesin rotary bending. Pada pengujian kelelahan menggunakan beban 20 Kg (I), 30 Kg (II), dan 40 Kg (III) besarnya tegangan lentur (σl) pada bahan uji I, II, dan III adalah 101,92 Mpa, 152,88 Mpa, dan 203,84 Mpa. Besarnya tegangan patah (σB) pada bahan uji I, II, dan III adalah 28,30 Kg/mm2, 42,46 Kg/mm2, dan 56,61 Kg/mm2. Waktu yang dibutuhkan pada bahan uji I, II, dan III adalah 78,40 menit, 5,59 menit, dan 1 menit. Siklus yang yang terjadi pada bahan uji I, II, dan III adalah 73829 putaran, 5612 putaran, dan 938 putaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmekanova

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Automotive Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Mekanova merupakan kumpulan karya ilmiah para akademisi, peneliti dan praktisi yang bertujuan menyatukan pengalaman-pengalaman, ide-ide dan hasil penelitian terutama dalam bidang“Mekanikal, Inovasi dan ...