JCRS (Journal of Community Research and Service)
Vol 8, No 2: JULY 2024

IMPLEMENTASI METODE BELAJAR INTERAKTIF DALAM PENDAMPINGAN BIMBINGAN BELAJAR DI DUKUH KEDUNG, GUWOSARI: STUDI KASUS DARI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA

Kamaruzzaman, LL. Riki (Unknown)
Maulina, Habibah Inas (Unknown)
Diffa K, Ulfah Rachmah (Unknown)
Nanda, Melia Dwi (Unknown)
Puspa M, Nazwa Ista (Unknown)
Sunanti, Sri (Unknown)
Trivana, Ika (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Maulana, Rian (Unknown)
Nuryanti, Sundari Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam pembangunan manusia, bangsa, dan negara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan. Namun, di wilayah pedesaan seperti Dukuh Kedung, Bantul, tersedia pendidikan yang memadai masih menjadi tantangan. Untuk mengatasi hal ini, bimbingan belajar diselenggarakan sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Universitas Alma Ata Yogyakarta. Para mahasiswa KKN menggunakan metode interaktif untuk meningkatkan prestasi akademik siswa, memfasilitasi orangtua yang sibuk, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Bimbingan belajar ini memberikan dampak positif yang signifikan dengan meningkatnya minat dan motivasi belajar siswa/siswi, serta keterampilan akademik yang lebih baik. Evaluasi menunjukkan keberhasilan dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan antusiasme siswa terhadap pendidikan. Harapannya, keberlanjutan program ini dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan di pedesaan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcrs

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Community Research and Service (JCRS) is an international multidisciplinary and peer-reviewed journal published by The Center of Community Service of State University of Medan. JCRS is designed to publish research and case studies of university-community engagement initiatives, analyses ...