Jurnal Paramaedutama
Vol 1 No 4 (2024): Paramaedutama

Pola Bimbingan Orang Tua Dalam Mengembangkan Perilaku Sopan Santun Siswa SMPN 2 Kota Jambi

Sari, Nurmala (Unknown)
Rasimin (Unknown)
Amanah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena rendahnya perilaku sopan santun siswa, permasalahan ini erat kaitannya dengan keluarga. Adapun tujuan penelitian ialah mengungkapkan dan mendeskripsikan pola bimbingan orang tua dalam mengembangkan perilaku sopan santun siswa SMPN 2 Kota Jambi. Jenis penelitiannya ialah penelitian kualitatif studi kasus dengan teknik snowball sampling. Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam orang partisipan diantaranya tiga siswa beserta masing-masing orang tuanya dan informan terdiri dari enam orang yaitu, guru pembimbing kelas VII, wali kelas VII D dan VII E, serta tiga orang teman sebaya yang akrab dengan masing-masing partisipan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan keabsahan data menggunakan triangulasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu orang tua menerapkan pola bimbingan yang berbeda dalam mengembangkan perilaku sopan santun siswa seperti memberikan contoh secara langsung untuk bersikap ramah, menyapa orang yang dikenal, mendampingi anak ketika belajar dan beribadah, mengawasi pergaulan anak, bekerjasama menyelesaikan pekerjaan rumah, memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil keputusan terkait dirinya, dan mengajarkan anak berbicara dan bersikap lemah lembut kepada sesama manusia. Adapun kesibukan orang tua dalam bekerja dari pagi hingga petang mengakibatkan anak menjadi terabaikan dan tanpa disengaja orang tua memberikan contoh negatif seperti mengucapkan bahasa kasar, memukul, membiarkan anak dengan pergaulan yang tidak orang tua ketahui, serta tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk mengambil keputusan terkait diri anak itu sendiri. Sehingga hal ini berdampak dan menjadi salah satu faktor permasalahan sopan santun yang dilakukan anak di lingkungan sekolahnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Paramaedutama dengan nomer ISSN 3025-3039 (cetak) dan ISSN 2988-6996 (online) merupakan publikasi ilmiah yang menerima setiap tulisan dibidang pendidikan dan kebudayaan, seperti manajemen pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pembelajaran dan ...