Journal of Islamic Psychology and Behavioral Sciences
Vol. 2 No. 2 (2024): Journal of Islamic Psychology and Behavioral Sciences

Terapi Ceramah Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa

Frili Amelia (Unknown)
Krisna Fernando (Unknown)
Tasya Amelia (Unknown)
Abdullah Hafid Dhikham (Unknown)
Lania Nur Azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas terapi mendengarkan ceramah dalam mengurangi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Dalam penelitian ini, dilakukan eksperimen kuantitatif dengan menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest dengan 15 mahasiswa/i Psikologi angkatan 2021, yang mendapatkan terapi mendengarkan ceramah melalui video online. Hasil analisis data menggunakan uji T-Test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test (mean 68.13) dan post-test (mean 78.67) pada skala prokrastinasi belajar. Hasil uji Paired Samples Test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0.004 < 0.05, mengindikasikan penolakan hipotesis nol dan penerimaan hipotesis alternatif. Sehingga, terapi mendengarkan ceramah efektif dalam mengurangi prokrastinasi mahasiswa/i.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIPBS

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

Focus - Journal of Islamic Psychology and Behavioral Sciences is a scientific journal published by CV. Doki Course and Training. The papers to be published in JIPBS are research articles (quantitative or qualitative research approaches), literature studies or original ideas that are considered to ...