Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah
Vol. 6 No. 2 (2024): Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah

KREATIVITAS GURU AL-QUR’AN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL SISWA MAN LABUHANBATU

Adillah, Nur (Unknown)
Nursalimah, Nursalimah (Unknown)
Ruwaidah, Ruwaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2024

Abstract

ABSTRAK Kreativitas Guru Al-Quran Hadis adalah kemampuan untuk mengenali ide-ide baru dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan pengetahuan, khususnya pengetahuan Al-Qur’an Hadis. Untuk alasan ini, guru kreatif perlu memiliki keinginan yang kuat untuk belajar tentang metode pengajaran yang tepat dan menarik dan sumber daya belajar sehingga dapat digunakan secara efektif di kelas. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan didasarkan pada Miles dan Huberman dan mencakup pengurangan data, analisa data, dan pemikiran data. Dalam teknik keabsahan data yang digunakan adalah derajat kepercayaan. Dalam penelitian ini, menyimpulka bahwa : 1) kreativitas guru al-qur’an hadis menggunakan metode lagu dan dzikroni diantaranya lagu-lagu yang di gunakan adalah lagu “ Ya Thoybah”. 2) kreativitas guru al-qur’an hadis dalam mengembangkan media untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa MAN Labuhanbatu adalah menggunakan media LCD Proyektor untuk menampilkan power point berupa materi pembelajaran yang disampaikan. 3) kreativitas guru al-qur’an hadis dalam memberikan penghargaan (reward) seperti memberikan hadish, acungan jempol dan pujian. Sedangkan hukuman (Punisment) dengan memberikan hukuman yang mendidik yaitu hafalan potongan ayat atau hadis. Kata Kunci: Kreativitas Guru1 , Meningkatkan Kemampuan Menghafal2 ABSTRACT Al-Qur'an Hadis teacher creativity is the ability to recognize new ideas in solving problems related to knowledge, particularly knowledge of Al-Qur'an Hadis. For this reason, creative teachers need to have a strong desire to learn about appropriate and interesting teaching methods and learning resources so that they can be used effectively in the classroom. This study employs a deskriptif kualitatif approach. The methods used for data collection are observation and wawancara mendalam. The data analysis techniques used are based on Miles and Huberman and include data reduction, data analysis, and data reasoning. In the data validity checking technique used is the degree of trust. In this research, it is concluded that: 1) the creativity of Al-Qur'an hadith teachers uses song and dzikroni methods, including the song used is the song "Ya Thoybah". 2) the creativity of Al-Qur'an hadith teachers in developing media to improve the memorization ability of MAN Labuhanbatu students is using LCD projector media to display power points in the form of learning material presented. 3) creativity of Al-Qur'an hadith teachers in giving awards such as giving hadish, thumbs up and praise. Meanwhile, punishment involves giving educational punishment, namely memorizing pieces of verses or hadiths. Keywords: Teacher Creativity1, Improving Memorizing Ability2

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tashdiq

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah adalah jurnal yang terbit 3 kali setahun pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal ini merupakan jurnal kajian ilmu agama, tidak hanya mengacu pada satu agama saja, ada 6 agama yang diakui di Indonesia bisa diterima pada jurnal ini. Selain itu jurnal ini ...