Jurnal Edukatif
Vol 2 No 1 (2024)

Hubungan Antara Persepsi Santri Tentang Kompetensi Pedagogik Guru BK Dengan Motivasi Santri Dalam Mengikuti Layanan Informasi di MTs. Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam Medan

Maimunah Tambak, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis apakah terdapat hubungan antara persepsi santri tentang kompetensi pedagogik guru BK dengan motivasi santri dalam mengikuti layanan informasi di MTs Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah santri MTs Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam Medan Tahun Pelajaran 2022/2023 sebanyak 143 santri. Pengambilan sampel peneliti mengacu pada pendapat suharsimi ialah 25% dari populasi yang ada yaitu terdapat 35 santri. Pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan metode angket (kuesioner) dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Dalam analisis instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis korelasi. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif antara persepsi santri tentang kompetensi pedagogik guru BK dengan motivasi santri dalam mengikuti layanan informasi di MTs Pondok Pesantren Modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam Medan. Dengan menggunakan analisis korelasi product moment = 0,494 df = N-nr; 35-2 = 33. Dalam tabel r product moment dengan df sebesar 33 diperoleh signifikan 5% = 0,333. Setelah mengkonsultasikan dengan maka dapat disimpulkan bahwa 5% adalah 0,494 > 0,333, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukatif is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including ...