Pedagogik : Jurnal Pendidikan dan Riset
Vol. 2 No. 1 (2024)

Upaya Meningkatkan Resiliensi Siswa Korban Bullying Melalui Layanan Konseling Individual di SMA Negeri 1 Padang Bolak

Widya Safitri Harahap, Widya (Unknown)
Nasution, Fauziah (Unknown)
Walad Ahkas, Akmal (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan resiliensi siswa korban bullying melalui layanan konseling individu di SMA Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan pendekatan kualitatif deksriptif, yang dilakukan oleh peneliti dengan mempertimbangkan latar belakang masalah yang terjadi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Padang Bolak yang mendapatkan layanan konseling individual dengan tema bullying. Adapun teknik pengumpulan data berupa angket, observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan konseling individual yang dilakukan untuk meningkatkan resiliensi siswa korban bullying melalui layanan konseling individual di kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Padang Bolak mengalami peningkatan dari tiap-tiap tindakan yang dilakukan. Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan orang siswa, Namun 24 siswa tidak terjadi peningkatan proses resilensi siswa, sehingga pada siklus I belum mencapai target 75% dan hanya mencapai 22,6%. Kemudian pada siklus II berdasarkan hasil penilaian observasi dan penyebaran instrumen dan diketahui bahwa terjadi peningkatan resilensi siswa korban bully pada 24 orang siswa dan 1 siswa tidak terjadi peningkatan, sehingga pada siklus II sudah mencapai target 77,4% .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education and Community Dedication. Articles published in journals are the results of research or areas of educational and comunity dedication ...