Media Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Mengatasi Kesulitan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MTs. Al Washliyah Labuhanbatu Vika Yuliana Putri¹, Afrahul Fadhila Daulai², Siti Ardianti³ 1,2,3Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate, 20371 Email: vika0301202013@uinsu.ac.id1, afrahulfadhila@uinsu.ac.id2, sitiardianti@uinsu.ac.id3 Corresponding Author: Vika Yuliana Putri ABSTRAK Penelitian ini akan membahas terkait penggunaan media pembelajaran Al-Qur’an Hadis di MTs Al Washliyah Labuhanbatu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan serta pengalaman guru dan siswa terkait media pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam mengatasi kesulitan baca tulis Al-Qur’an siswa. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi, dalam analisis data ada tiga langkah yang dilakukan, yaitu reduksi data (mengumpulkan data), display data (penyajian data), serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) guru Al-Qur`an Hadis telah menggunakan media yang bertujuan agar pesan (materi) dapat tersampaikan dengan baik. (2) keadaan baca tulis Al-Qur`an siswa bervariasi, namun rata-rata dalam baca tulis Al-Qur`an para siswa hanya mampu sekedar membaca dan terkadang keliru dalam membedakan pelafalan makhorijul huruf dan tajwidnya (3) penggunaan media pembelajaran Al-Qur`an Hadis tidak begitu optimal, dikarenakan keterbatasan media yang ada (4) faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam baca tulis Al-Qur`an, yaitu dikarenakan tidak adanya motivasi dalam diri peserta didik itu sendiri, dan kurangnya dukungan dari orangtua, serta keterbatasan guru ngaji (5) Upaya penanggulangan yang dilakukan yaitu dengan membuat kursus Tahsin yang diadakan disetiap hari jum’at, yang dilakukan agar para siswa bisa lebih memahami cara membaca Al-Qur`an dengan baik dan benar.
Copyrights © 2024