Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol 10, No 1 (2024): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Pengaruh metode concept sentence terhadap keterampilan menulis karangan narasi sekolah dasar

Wahyuni, Dwi (Unknown)
Rambe, Riris Nurkholidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode concept sentence terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian menggunakan desain kelompok non-ekuivalen. Pada desain ini terdapat dua kelompok penelitian yaitu: kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIS Mardliatul Islamiyah Kecamatan Medan Tembung pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan jumlah sampel 24 siswa. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, dimana seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini tes yang digunakan adalah pretes dan postes, pretes diberikan kepada siswa sebelum dimulainya proses belajar mengajar yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan postes diberikan kepada siswa agar dapat melihat sejauh mana kemampuan dan pemahaman siswa setelah diterapkannya perlakuan. Analisis data dilakukan melalui pemeriksaan perbandingan menggunakan Uji Paired Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran concept sentence dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi di kelas IV secara individual dimana setelah diterapkannya treatment peserta didik sudah mulai mampu dalam merangkai kalimat dengan baik dan siswa juga sudah dapat merangkainnya menjadi sebuah karangan dab treatment terdapat peningkatan dan pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil posttest yaitu dengan rata-rata sebesar 82,29 dan sebelum di beri treatment rata-rata nilai siswa sebear 49.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...