SAINTEK
Vol. 3 No. 1 (2024): Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SAINTEK) ke 3 - Januari 2024

Meningkatkan Penjualan Ritel Cross-Selling Menggunakan Algoritma Apriori pada Dataset Bahan Makanan

Sasongko, Ananto Tri (Unknown)
Nugroho, Agung (Unknown)
Zy, Ahmad Turmudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2024

Abstract

Keberlanjutan suatu perusahaan sangat bergantung pada peran konsumen dalam melakukan transaksi. Ternyata konsumen mempunyai perilaku dan karakteristik yang beragam, sehingga diperlukan kemampuan menganalisis pola atau kebiasaan konsumen dalam bertransaksi. Hal serupa juga terjadi pada bisnis retail yang menghadapi beberapa permasalahan dalam proses penjualannya, seperti kelangkaan stok, produk yang tidak terjual, serta perbedaan popularitas produk dan permintaan konsumen. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kebiasaan konsumen dalam bertransaksi. Metode asosiasi dengan algoritma Apriori terbukti efektif dalam menganalisis kebiasaan transaksi konsumen pada bisnis retail. Perhitungan dataset sembako menunjukkan rata-rata persentase nilai dukungan sebesar 0,05 dan nilai keyakinan sebesar 0,03. Penerapan metode asosiasi dengan algoritma Apriori dapat membantu bisnis retail dalam merancang produk dan menentukan langkah strategis untuk meningkatkan penjualan, seperti memberikan diskon atau promosi pada produk tertentu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SAINTEK

Publisher

Subject

Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Prosiding Sains dan Teknologi (SAINTEK) merupakan wadah publikasi dari hasil penelitian yang telah dipresentasikan pada Seminar Nasional Sains dan Teknologi (SAINTEK) yang diselenggarakan setiap tahun oleh Fakultas Teknik Universitas Pelita Bangsa. Penelitian yang dipublikasikan bersifat ...