Dalam dunia pendidikan perlu adanya manajemen yang merancang pendidikan dengan tepat dan terarah sehingga diperoleh hasil yang lebih baik. Keberhasilan dalam manajemen akan berfungsi sebagai barometer untuk prestasi akademik. Pasalnya, dalam dunia pendidikan, manajemen menjamin kualitas pendidikan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kajian manajemen pada Lembaga Pendidikan. Artikel ini ditulis menggunakan metodologi penelitian pustaka yang bertujuan untuk mengumpulkan fakta dan informasi dari berbagai dokumen. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penyelenggaraan pendidikan dalam kaitannya dengan segala persyaratan materi pendidikan dan segala upaya penyelenggaraan yang berkaitan langsung dengan proses pendidikan, sarana prasarana pendidikan, dan media pendidikan dikenal dengan manajemen pendidikan. Tujuh komponen yang menjadi objek kajian dalam manajemen pendidikan, yaitu: man, money, materials, method, machines, market, dan minutes. Objek kajian dari manajemen lembaga pendidikan pada dasarnya merupakan sistem organisasi pedagogik, yaitu satu kesatuan yang utuh yang terdiri dari bagian-bagian yang tersusun secara sistematis dan saling berkaitan secara kontekstual.
Copyrights © 2023