Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 6 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Juni

ANALISIS SHARED VALUE FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GENERASI MILLENNIAL DALAM BELANJA ONLINE MENGGUNAKAN METODE ETHNOGRAFI

Indah Nur Syamsi Aguston (Unknown)
Maysheilla Chandra (Unknown)
Desy Maya Indriana (Unknown)
Jerry Heikal (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Generasi milenial merupakan kelompok penting dalam perekonomian digital saat ini, dan pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan belanja online mereka mempunyai implikasi strategis bagi perusahaan e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku belanja online generasi milenial melalui pendekatan etnografi. Metode etnografi kualitatif digunakan untuk mengeksplorasi pengalaman langsung dan konteks sosial generasi milenial dalam berbelanja online. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dengan pengumpulan data primer berupa observasi partisipan dan wawancara mendalam. Peneliti dilibatkan dalam aktivitas online milenial, baik sebagai pengamat maupun peserta aktif, untuk memahami lebih dekat konteks belanja online mereka. Wawancara mendalam dilakukan untuk mendapatkan wawasan langsung mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi generasi milenial dalam memutuskan berbelanja online. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memperoleh 58 hasil coding dari 7 responden yang kemudian diklasifikasikan menjadi 16 kategori dan 10 tema: Kemudahan Berbelanja, Harga, Diskon dan Promo, Variasi Produk, Keamanan, Kepercayaan, Rekomendasi, Pelayanan, Review, Kualitas Informasi. Skor tertinggi yang menjadi faktor penentu generasi milenial dalam memutuskan berbelanja online adalah Kemudahan Bertransaksi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...