Jurnal Media Akademik (JMA)
Vol. 2 No. 7 (2024): JURNAL MEDIA AKADEMIK Edisi Juli

FENOMENA RESTORAN ALL YOU CAN EAT YANG PENUH RESERVASI PADA SAAT BULAN RAMADAN DI JAKARTA MENGGUNAKAN GROUNDED THEORY

Syakina (Unknown)
Rafyon Sani (Unknown)
Muhammad Yusuf (Unknown)
Jerry Heikal (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Bulan suci Ramadhan di Indonesia identik dengan tradisi berbuka puasa bersama. Fenomena menarik akan muncul di tahun 2024, dimana restoran All You Can Eat (AYCE) di Jakarta akan mengalami lonjakan pesanan dan seringkali sudah penuh dipesan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami fenomena tersebut dengan menggunakan Grounded Theory. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus pada delapan pengunjung restoran AYCE di Jakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap pelanggan restoran sebagai responden. Penelitian ini menemukan beberapa faktor yang mendorong terjadinya fenomena full booking restoran AYCE di Jakarta pada bulan Ramadhan, yaitu: Pelanggan percaya bahwa AYCE memberikan pelayanan terbaik untuk harga yang ditawarkan, apalagi dengan variasi makanan yang banyak dan harga yang relatif terjangkau, Bulan Ramadhan merupakan momen penting untuk menjalin silaturahmi dan mempererat hubungan sosial. Restoran AYCE merupakan tempat ideal untuk berkumpul dan berbuka puasa. Bersama-sama, restoran AYCE menawarkan pengalaman bersantap yang berbeda dari restoran biasa, dengan konsep All You Can Eat dan variasi makanan yang menarik. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan skema pengkodean yang terdiri dari 18 kode yang membentuk 4 kategori dan memunculkan 4 tema dengan jumlah frekuensi sebanyak 18. Frekuensi tertinggi (11) pada kode pelayanan yang diberikan restoran memuaskan, frekuensi tertinggi kedua (5) pada kode kebersamaan dan frekuensi tertinggi ketiga (4) pada kode variasi menu, dan kode yang terakhir adalah konsekuensi (1), sehingga faktor tersebut mempengaruhi minat pengunjung untuk memesan tempat di restoran All You Can Eat untuk berbuka puasa di bulan ramadhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Jurnal Media Akademik (JMA) merupakan platform publikasi jurnal atau hasil karya suatu penelitian orisinil atau tinjauan pustaka yang ditulis oleh dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum. Ruang lingkup karya yang diterbitkan mencakup Multidisiplin diantaranya: Hukum, Manajemen, Ekonomi, Ekonomi ...