JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling
Vol 2, No 2 (2024): Agustus 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Sumber Energi dan Perubahannya Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Zinan, Salma Azizah (Unknown)
Syachruroji, A (Unknown)
Nulhakim, Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik dengan menggunakan media Papan Tarik dalam materi Sumber Energi dan Perubahannya di Sekolah Dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN. Pasirmanggu Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RD (Research and Development) dalam metode tersebut terdapat pengumpulan data yang dilakukan melalui Observasi, Wawancara, dan Kuisioner (Angket). Hasil dari penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran berupa Papan Tarik ini Layak digunakan dalam pembelajaran hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian Validator Ahli media dan materi. Validasi ahli media memperoleh nilai 81% dengan kriteria “Sangat Layak” , sedangkan validasi dari ahli materi memperoleh nilai 85% dengan Kriteria “Sangat Layak” , selain itu hasil dari angket respon siswa mendapatkan nilai 88,4% menunjukan bahwa “Sangat Baik” dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan Papan Tarik ini  efektif dalam memberikan hasil pemahaman yang baik terhadap siswa kelas IV SDN. Pasirmanggu pada materi sumber energi dan perubahannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jamparing

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Physics Social Sciences

Description

JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang; 1. Akuntansi 2. Ekonomi 3. Bisnis 4. Manajemen 5. Pajak 6. Pariwisata 7. Sosial-Budaya 8. Pendidikan/Pembelajaran 9. ...