Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam
Vol. 13 No. 2 (2023): Desember

OUTDOOR LEARNING RELIGY: DESAIN PEMBELAJARAN AL-QURAN DAN STRATEGI PENANAMAN TAUHIDULLAH PESERTA DIDIK DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN NURUL BILAD BATUARA

Syam, Futri (Unknown)
Husna, Fathayatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Penentu maju atau mundurnya suatu peradaban bangsa adalah pendidikan, baik sistem pendidikan formal, informal maupun nonformal. Namun, Pendidikan informal masih kurang diperhatikan pengelolaannya,  Taman Pendidikan al-Quran adalah salah satu contoh lembaga pendidikan informal yang ada di masyarakat. Padahal TPQ dapat mendukung peserta didik dalam belajar membaca al-Quran dan memahami agama Islam yang dianutnya serta dengan pengelolaan TPQ yang maksimal dapat berkontribusi terhadap prestasi belajar peserta didik di sekolah formal khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain pembelajaran yang digunakan dalam menanamkan tauhidullah kepada peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik di Taman Pendidikan al-Quran Nurul Bilad Batuara. Adapun desain pembelajaran yang digunakan oleh pendidik adalah Jelajah Alam Sekitar (JAS), kegiatan ini dapat menumbuhkan pemahaman tauhidullah peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tiftk

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Tarbiyah Islamiyah adalah jurnal yang memuat artikel Pendidikan Agama Islam baiak berupa hasil penelitian atau hasil kajian tentang Pendidikan Agama Islam dan kajian Agama Islam ...