PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINIER ANTARA MENGGUNAKAN METODE DETERMINAN DENGAN METODE SUBSTITUSI DI MAN 1 MEDAN

Hasibuan, Nailul Himmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini berdasarkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara metode determinan dengan metode substitusi. Penelitian ini merupakan quasi eksperiment. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 terdiri dari 9 kelas. Dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas X2 (40 siswa) sebagai kelas eksperimen I menggunakan Metode Substitusi dan kelas X3 (40 siswa) sebagai kelas eksperimen II menggunakan Metode Determinan. Tes yang digunakan berupa tes uraian untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Sebelum tes ini ditetapkan terlebih dahulu diujicobakan untuk melihat reliabilitas dan validitas. Dari hasil penelitian data post-test kedua kelas berdistribusi normal dan kedua sampel homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung ttabel yaitu 6,6855 1,996, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajarkan dengan metode determinan dengan metode substitusi di kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematika, Metode Determinan, Metode Substitusi This study is based on lack of mathematical problem solving ability of students, the purpose of this study to determine differences in mathematical problem solving ability of students between the determinant method and substitution method. This study is a quasi experiment. The study population is the entire class X MAN 1 T.A.Y 2013/2014 consists of nine classes. Randomly selected two classes, X2 class (40 students) as an experimental class I use the method of substitution and X3 class (40 students) as an experimental class II using Determinant Method. The tests used in the form of test descriptions to measure students' mathematical problem solving ability. Before the test is determined beforehand tested to see reliability and validity. From the research data is second-class post-test two samples with normal distribution and homogeneous. After the hypothesis test using t-test found that tcount ttable ie 6.6855 1.996, then Ho is rejected and H1 accepted. Thus it can be concluded that there are differences in mathematical problem solving ability of students taught with methods determinant by substitution method in class X MAN 1 T.A.Y 2013/2014. Keywords: Mathematic Problem Solving, Determinants Method, Substitution Method.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...