Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 10 No. 2 (2024)

Model Pembelajaran Pair Check Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Fadillah, Putri Khusnul (Unknown)
Karma, I Nyoman (Unknown)
Nurwahidah, Nurwahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di SDN 5 Malaka tahun ajaran 2023/2024 semester ganjil. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental desain dengan tipe time series desain. Sampel pada penelitian ini menggunakan seluruh anggota populasi yang berjumlah  14 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrument tes berupa soal  essay yang berjumlah 14 soal untuk mengukur hasil belajar IPAS peserta didik. Teknis analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis paired sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji paired sample t-test yakni 0,000 < 0,05 dengan    dimana 15.407 > 1.761 artinya  yang diajukan ditolak dan  diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Pair Check terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SDN 5 Malaka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...