Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2024): NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Melalui Penggunaan Multimedia Siswa SMKS YKPP Bontang Jurusan Multimedia Tahun Pembelajaran 2022/2023

Munir, Misbahul (Unknown)
Sudiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Tugas seorang guru sebagai pendidik sangatlah menentukan keberhasilan siswanya, sehingga perlu variasi dalam penggunaan multimedia saat proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS YKPP Bontang selama dua bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan kreativitas belajar melalui penggunaan multimedia dan untuk mengetahui penggunaan multimedia dapat meningkatkan kreativitas belajar agama siswa SMKS YKPP Bontang jurusan multimedia. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Sumber data diperoleh dari subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI telah melakukan beberapa upaya dalam meningkatkan kreativitas belajar melalui penggunaan multimedia siswa di SMKS YKPP Bontang antara lain mempersiapkan materi pembelajaran yang menarik, menggunakan multimedia sebagai alat visualisasi, mendorong siswa untuk berkreasi melalui multimedia, melibatkan interaksi siswa dengan multimedia, memberikan umpan balik dan refleksi, dan pemanfaatan sumber daya online. Dengan mengadopsi penggunaan multimedia sebagai sarana untuk menciptakan pembelajaran agama yang lebih menarik, interaktif, dan relevan dengan kehidupan siswa. Maka, siswa merespon positif terhadap penggunaan multimedia, yang meningkatkan kreativitas siswa dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep agama dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan dari penelitian ini, upaya guru PAI dalam meningkatkan kreativitas belajar melalui penggunaan multimedia siswa SMKS YKPP Bontang dapat dikatakan berhasil. Hal itu bisa dilihat dari grafik peningkatan kreativias belajar siswa dan juga dari jawaban siswa saat wawancara penelitian. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran agama yang inovatif dan relevan dengan perkembangan teknologi, serta dapat memberikan masukan bagi guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran agama di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nabawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Nabawi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (NJPPI) is a scholarly, peer-reviewed publication committed to advancing research in the realm of Islamic religious education and teaching. Employing a meticulous double-blind review process, NJPPI seeks to provide a comprehensive platform for researchers ...