Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2024): NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam

Pengaruh Penggunaan Metode Al Hidayah Terhadap Peningkatan Kualitas Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas III MI Ar-Riyadh Tahun Pembelajaran 2022/ 2023

Minarsih (Unknown)
Nurdiana, Farida (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2024

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh penggunaan Metode Al Hidayah terhadap peningkatan kualitas membaca Al-Qur’an Siswa kelas III MI Ar-Riyadh tahun pembelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Al Hidayah terhadap peningkatan kualitas membaca Al-Qur’an siswa kelas III MI Ar-Riyadh tahun pembelajaran 2022/2023 dan bagaimana peningkatan kualitas membaca Al-Qur’an siswa kelas III MI Ar-Riyadh tahun pembelajaran 2022/2023. Metode Al Hidayah ini adalah produk dari sebuah Yayasan Pendidikan Hidayatullah. Penelitian dilaksanakan di MI Ar-Riyadh. Adapun tehnik analisis data dengan menggunakan rumus korelasi pearson (pearson product moment). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan peneliti maka dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan metode Al Hidayah terhadap peningkatan kualitas membaca Al-Qur’an siswa kelas III MI Ar-Riyadh dalam kategori Sangat signifikan dengan dibuktikan dengan T hitung > T tabel dengan nilai 3,378>2,368. Peningkatan kualitas membaca Al- Qur’an Siswa Kelas III MI Ar-Riydh Bontang Tahun Pembelajaran 2022/2023 dengan menggunakan metode Al Hidayah terdapat peningkatan sebesar 0,022%. Pencarian data dilakukan dari berbagai sumber antara lain Siswa, Kepala Madrasah, Wakakur, Wakasis, Kepala TU, Kepala Sapras. Kesimpulan menunjukkan bahwa penggunaan metode Al-Hidayah sangat berpengaruh. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai masukan bagi lembaga-lembaga pendidikan baik pemerintah maupun swasta dalam mengeluarkan kebijakan pendidikan, khususnya kebijakan Pendidikan Agama Islam dalam bacaan Al-Qur’an. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket dan tes.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nabawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Nabawi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (NJPPI) is a scholarly, peer-reviewed publication committed to advancing research in the realm of Islamic religious education and teaching. Employing a meticulous double-blind review process, NJPPI seeks to provide a comprehensive platform for researchers ...