Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 1 (2023): NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Sikap Religius Siswa Kelas III SD Negeri 001 Bontang Utara Tahun Pembelajaran 2022/2023

Prahani, Meylisa Riska (Unknown)
Husain, Ahmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam juga harus mampu/kompeten, dan kompetensi Pendidikan Agama Islam itu sendiri antara lain adalah pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar ajaran islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pengembangan pembelajaran PAI dalam membimbing siswa kelas III SD Negeri 001 Bontang Utara, selain itu untuk mengetahui cara membina sikap religius dalam siswa kelas III SD Negeri 001 Bontang Utara. Sumber data diperoleh dari wawancara Kepala Sekolah SD Negeri 001 Bontang Utara, dan Guru PAI. Observasi dilakukan sesuai dengan keperluan data, selain dua sumber tersebut peneliti juga mewawancarai beberapa siswa kelas III untuk menggali informasi lebih banyak. Hasil dari wawancara didapatkan bahwa Upaya guru Pendidikan agama islam dalam membina siswa kelas III SD Negeri 001 Bontang Utara merupakan salah satu dimana kinerja guru menjadi kunci utama dalam membina siswa agar tercapainya tujuan sebuah Pendidikan Agama Islam yang relevan sebagaimana diketahui bahwa siswa kelas III ini sangat membutuhkan pengarahan baik pengarahan internal maupun eksternal. Maka dari itu upaya pengembangan yang dilakukan guru harus dapat melengkapi dan menyeimbangkan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran siswanya Upaya guru PAI meliputi seseorang yang melakukan kegiatan dalam memberikan pengetahuan, keterampilan, pengalaman, Pendidikan, pengajaran, pengalaman serta keteladanan. Mengembangkan sikap religius siswa kelas III SD Negeri 001 Bontang Utara agar sesuai dengan Pendidikan agama islam yaitu dengan menekankan kereligiusan siswa dalam kegiatan sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nabawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Nabawi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (NJPPI) is a scholarly, peer-reviewed publication committed to advancing research in the realm of Islamic religious education and teaching. Employing a meticulous double-blind review process, NJPPI seeks to provide a comprehensive platform for researchers ...