Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 1 (2023): NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam

Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menyelesaikan Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Siswa Kelas X SMA Hidayatullah

Husain, Ahmadi (Unknown)
Canra, Ahmadi Husain (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Abstrak  –   Pendidikan Agama Islam adalah merupakan pembelajaran yang dilakukan suatu instansi atau lembaga pendidikan yang memberikan materi mengenai agama Islam, dan merupakan ilmu pengetahuan menuju perbaikan, ibadah sebagai kebutuhan dan Al-Qur’an merupakan sandaran utamanya agar selamat baik dikehidupan dunia maupun di akhirat. Akan tetapi menghafal Al-Qur’anbukanlah pekerjaan yang gampang, dan bukan pula hal yang tidak mungkin, banyak tantangan atau rintang yang harus dilewati dan bagaimana upaya kita lakukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Penulisan ini mengemukakan tentang bagaiman upaya-upaya dalam menyelesaikan target hafalan yang telah ditentukan. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam menyelesaikan hafalan Al-Qur’an juz 30 siswa kelas X SMA Hidayatullah Bontang dan bagaimana hasil upaya guru dalam menyelesaikan hafalan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara/interview dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Upaya Guru Pendidikan Islam dalam menyelesaikan hafalanAl-Qur’an juz 30 siswa kelas X SMA Hidayatullah Bontang. Analisis yang penulis lakukan adalah dengan pengelolahan data dari hasil wawancara di sekolah kemudian digambarkan sesuai dengan keadaan dilapangan yang terjadi. Dari hasil penulisan ini penulis dapat menyimpulkan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam menyelesaikan hafalan siswanya sudah terlaksana dengan baik dan berjalan sesuai yang diprogramkan sekolah  meskipun banyak hal yang harus lebih ditingkatkan. Perlu adanya target yang lebih tinggi karena siswanya yang sistem boarding school (pesantren).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

nabawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Nabawi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (NJPPI) is a scholarly, peer-reviewed publication committed to advancing research in the realm of Islamic religious education and teaching. Employing a meticulous double-blind review process, NJPPI seeks to provide a comprehensive platform for researchers ...