Jurnal Penelitian Pendidikan Islam
Vol. 2 No. 1 (2024): NABAWI: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam

Upaya Guru Madrasah dalam Meningkatkan Pemahaman Tajwid Siswa Kelas IV B MI Jam’iyyatul Qurra Bontang

Marwati (Unknown)
Husain, Ahmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2024

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Jam’iyyatul Qurra Bontang memiliki berbagai program dan program unggulannya yaitu mengedepankan pembelajaran keagamaan salah satunya pembelajaran Al-Qur’an. Sesuai dengan visinya, menghantarkan peserta didik menjadi anak sholih-sholihah dan gemar membaca dan menghafal Al-Qur’an. Hal ini peneliti tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang bagaimana upaya guru madrasah dalam meningkatkan pemahaman tajwid kepada para siswanya. Adapun rumusan masalah yang peneliti gunakan ialah bagaimana guru madrasah dapat meningkatkan pemahaman tajwid siswa kelas IV B . Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru madrasah dalam meningkatkan pemahaman tajwid siswa kelas IV B MI Jam’iyyatul Qurra Bontang. Adapun jenis metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang peneliti gunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumen. Untuk sumber data primer melalui observasi dan wawancara dengan kepala madrasah, waka kurikulum, koord. kesiswaan, staf TU, serta guru wali kelas dan siswa kelas IV B. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh secara tidak langsung melalui media tertentu baik dari catatan atau dari pihak lain, berupa bukti catatan atau laporan yang telah tersusun dalam arsip. Untuk teknik analisis data menggunakan analisis interaktif dan kemudian di analisis melalui proses reduksi data, sajian data, dan verifikasi penarikan kesimpulan, upaya guru madrasah dalam meningkatkan pemahaman tajwid siswa dengan menggunakan strategi praktek langsung melalui Al-Qur’an dan buku tajwid. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan bacaan Al-Qur’an serta pemahaman tajwid siswa kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Jam’iyyatu Qurra Bontang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

nabawi

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Nabawi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam (NJPPI) is a scholarly, peer-reviewed publication committed to advancing research in the realm of Islamic religious education and teaching. Employing a meticulous double-blind review process, NJPPI seeks to provide a comprehensive platform for researchers ...