Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan Universitas Halu Oleo
Vol 4, No 4 (2024):

STUDI KOMPARATIF TINGKAT KEPUASAN PASIEN PESERTA BPJS DAN NON-BPJS TERHADAP MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS POASIA KOTA KENDARI TAHUN 2023

Said, Wa Ode Nur Anisa (Unknown)
Zainuddin, Asnia (Unknown)
Hartoyo, Agnes Mersatika (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2024

Abstract

Abstrak Latar Belakang: kepuasan pasien sangat dipengaruhi oleh pelayanan kesehatan yang diberikan. Terdapat banyak Permasalahan mengenai pelayanan kesehatan yang dikeluhkan oleh pasien peserta BPJS. Beberapa Keluhan pasien BPJS Kesehatan yaitu tidak mendapat pelayanan maksimal seperti penolakan pada pasien BPJS Kesehatan, waktu pelayanan yg cukup lama dan layanan untuk obat yg terkadang tidak sesuai dibandingkan dengan pasien yg bayar langsung. Tujuan: untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien peserta BPJS dan non-BPJS terhadap mutu pelayanan kesehatan di puskesmas poasia kota kendari tahun 2023 . Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode komparatif dan menggunakan pendekatan cross sectional Hasil: Hasil penelitian terdapat perbedaan tingkat kepuasan pada dimensi kehandalan (reliability) dengan nilai p-value sebesar 0,003 (p < 0,05), terdapat perbedaan tingkat kepuasan pada dimensi daya tanggap (responsive) dengan p-value sebesar 0,001 (p < 0,05)., tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan pada dimensi bukti fisik (tangible) dengan p-value sebesar 0,713 (p >0,05)., tidak terdapat perbedaan tingkat kepuasan pada dimensi jaminan (asurance) dengan p-value sebesar 0,068 (p > 0,05). dan terdapat perbedaan tingkat kepuasan empati (emphaty) dengan p-value sebesar 0,000 (p < 0,05) terhadap mutu pelayanan kesehatan di puskesmas poasia kota kendari tahun 2023. Kesimpulan: Ada perbedaan tingkat kepuasan pasien BPJS dan Non-BPJS terhadap mutu pelayanan kesehatan di puskesmas poasia kota kendari tahun 2023. meningkatkan pelayanan kepada pasien yang dating berobat ke puskesmas poasia tanpa membedakan status BPJS maupun Non BPJS dan kepada petugas kesehatan agar memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara professional dan merata tanpa memandang status ekonomi pasien. Abstract Background: The health services provided greatly influence patient satisfaction. Many BPJS participating patients complain about problems related to health services. Complaints from BPJS Health patients are that they often do not receive maximum service, such as rejection by BPJS Health patients, long service times and services for medicines that are sometimes inappropriate compared to patients who pay directly. Objectives: to determine the difference in the level of patient satisfaction of BPJS participants and non-BPJS participants regarding the quality of health services at the Poasia Health Center, Kendari City in 2023. Methods: This type of research is quantitative research with comparative methods and uses a cross sectional approach Results: The results of the research showed differences in satisfaction levels in the reliability dimension with a p-value of 0.003 (p < 0.05), there were differences in satisfaction levels in the responsiveness dimension with a p-value of 0.001 (p < 0.05 )., there is no difference in the level of satisfaction in the physical evidence (tangible) dimension with a p-value of 0.713 (p > 0.05)., there is no difference in the level of satisfaction in the insurance dimension with a p-value of 0.068 (p > 0.05). and there is a difference in the level of empathy satisfaction with a p-value of 0.000 (p < 0.05) on the quality of health services at the Poasia Health Center in Kendari City in 2023. Conclusion: There is a difference in the level of satisfaction between BPJS and Non-BPJS patients regarding the quality of health services at the Poasia Health Center in Kendari City in 2023. Improve services for patients who come for treatment at the Poasia Health Center without differentiating between BPJS and Non-BPJS status and for health workers to provide health services to society in a professional and equitable manner regardless of the patient's economic status.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jakk-uho

Publisher

Subject

Public Health

Description

Artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan Unversitas Halu Oleo berasal dari penelitian dalam bidang Administrasi dan Kebijakan ...