Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Pengaruh Penerapan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas 4 di SDN Kalisari II Surabaya

Meinawati, Rahmania (Unknown)
Wicaksono, Vicky Dwi (Unknown)
Firnanda, Zulfa Imudadiyah (Unknown)
Nina, Putri La (Unknown)
Sunipah, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan hasil belajar IPAS yang merupakan permasalahan dalam pengembangan pendidikan, khususnya di SDN Kalisari II Surabaya. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV-A pada materi fotosintesis di SDN Kalisari II Surabaya. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A sebanyak 25 peserta didik, diantaranya 11 perempuan dan 14 laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Teknik analisis yang digunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan TaRL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fotosintesis kelas IV SDN Kalisari II. Dapat dibuktikan dari pra-siklus hasil belajar peserta didik hanya mencapai persentase 36% yaitu 9 peserta didik tuntas dan 64% dari 16 peserta didik tidak tuntas. Kemudian meningkat pada siklus 1 menjadi 56% yaitu 14 peserta didik tuntas dan 44% dari 11 peserta didik tidak tuntas. Dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 80% yaitu 20 peserta didik tuntas dan 20% dari 5 peserta didik tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan TaRL efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fotosintesis pada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...