Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 8, No 1 (2024): Hortatori: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Aspek Bahasa pada Anak Usia 1 Tahun 11 Bulan (Sebuah Studi Kasus)

Aprilia, Difa (Unknown)
Hidayatika, Uliana (Unknown)
Putra, Dona Aji Karunia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aspek bahasa pada anak berusia 1 tahun 11 bulan melalui pendekatan Psikolinguistik. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik simak dan catat. Subjek dalam penelitian ini adalah anak berusia 1 tahun 11 bulan berjenis kelamin laki-laki dan berinisial R. Data dalam penelitian berupa tuturan yang diproduksi oleh subjek R. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek R memiliki aspek bahasa yang luar biasa meskipun usianya belum mencapai 2 tahun. Subjek R telah berhasil menguasai aspek-aspek penting dalam berbahasa yaitu fonologi, morfologi, sintaksis, dan bilingualisme. Dalam aspek fonologi, subjek R sudah mampu mengucapkan fonem konsonan dan vokal, meskipun masih terdapat pelafalan yang belum sesuai. Dalam aspek morfologi, subjek R telah mampu menghasilkan kata-kata melalui proses reduplikasi, menuturkan kata-kata monomorfemis, dan polimorfemis. Secara sintaksis, Subjek R mampu menyusun kalimat minor, kalimat interogatif, dan kalimat deklaratif. Selanjutnya, ditemukan fenomena bilingualisme pada aspek bahasa Subjek R. Dapat ditarik simpulan bahwa aspek bahasa anak dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang mendukung, sehingga anak dapat menerima stimulus dengan baik. Penelitian ini berimplikasi pada kehidupan sehari-hari mengenai stimulus yang baik dan tepat akan menghasilkan respons yang baik dan tepat pula pada aspek bahasa anak.Kata Kunci: Aspek Bahasa; Studi Kasus; Anak; Psikolinguistik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hortatori

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Hortatori: Journal of Language Studies is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts and theories in ...