Pembelajaran seringkali bersifat monoton karena hanya berpusat kepada guru tanpa melibatkan siswa sehingga tercipta pembelajaran yang membosankan. Untuk itu, diperlukan pendekatan yang sesuai untuk mencairkan suasana kaku dalam pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui tingkat keefektifan pendekatan Joyfull Learning berbasis Ice Breaking untuk meningkatkan hasil belajar biologi tentang materi Substansi Genetik pada SMA kelas XII. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental Design dengan desain One Group Preteset -Posttest. Populasi yaitu seluruh siswa kelas XII SMAN 14 Sinjai dengan jumlah 86 orang. Sampel dipilih secara purposive sampling yaitu kelas XII IPS 2 berjumlah 26 orang sebagai kelompok eksperimen. Intrumen penelitian berupa soal tes hasil belajar dan lembar observasi guru. Hasil penelitian menunjukkan 15 siswa berada pada kategori “Sedang”, 9 siswa pada kategori “Tinggi”, dan 2 siswa pada kategori “Sangat Tinggi”. Uji N-Gain menunjukkan nilai N-Gain sebesar 0,715 berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 71,5%. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Joyfull Learning berbasis Ice Breaking cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XII SMAN 14 Sinjai.
Copyrights © 2024