Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 2 (2023): Journal on Teacher Education

Analisis Kesalahan Jawaban Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Materi Statistika di MAS Taman Pendidikan Islam

Ikhsan, Rafiki (Unknown)
Alfira, Alfira (Unknown)
Abdillah, Nikmah (Unknown)
Yuniar, Nana (Unknown)
Ramadhani, Ramadhani (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesalahan matematika pada siswa kelas XII MAS Taman Pendidikan Islam dalam menyelesaikan soal statistika. Metode penelitian Yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan dengan mengambil 6 Sempel dengan jumlah siswa satu kelas 31 siswa melalui indikator kemampuan tinggi, sedang dan rendahnya. Data yang di gunakan dalam penelitian ini berupa 5 soal uraian statistika yaitu mean, median dan modus. Tes bertujuan untuk mengetahui letak kesalahan siswa berdasarkan Indikator prosedur kesalahan Newman. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa kelas XII MAS Taman Pendidikan Islam mengalami kesulitan dan terjadi kekeliruan dalam menjawab soal hasil akhir, sehingga siswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan baik dan benar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...