Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 2 (2023): Journal on Teacher Education

Penerapan Media Pembelajaran Animasi Menggunakan Aplikasi Animaker dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik

Fitrah Widia Rahman, Ummu (Unknown)
Kustati, Martin (Unknown)
Gusmirawati, Gusmirawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang peningkatan kreativitas peserta didik terhadap penerapan media pembelajaran animasi menggunakan aplikasi Animaker pada mata pelajaran SKI materi Biografi khulafaur rasyidin di MTsN 3 Pasaman Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 3 Pasaman Barat yang berjumlah 28 Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawanacara dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian yang dilakukan melalui wawancara peserta didik sangat tertarik dengan media pembelajaran animasi menggunakan aplikasi animaker, peserta didik lebih mudah memahami materi sehingga perserta didik aktif pada saat pembelajaran. Dengan menggunakan media pembelajaran animasi berbantuan aplikasi animaker kreativitas peserta didik pada saat pembelajaran akan semakin meningkat. Hal ini diperkuat lagi dengan hasil dari kusioner yang diberikan kepada responden yang terdiri dari 6 pertanyaan dengan memperoleh nilai 87,22 dengan kategori  Sangat Setuju.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...