Jurnal Penelitian Pendidikan
Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

PENGGUNAAN BUKU LUGHATI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KAIDAH NAHWIYAH SISWA MELALUI METODE TADRIBAAT

Khalid, Shofa Musthofa (Unknown)
Abdurrahman, Maman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2016

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kejenuhan siswa dan rendahnya prestasi kaidah nahwiyah siswa, lebih khusus berkaitan dengan strategi pembelajaran yang digunakan. Atas dasar ini penggunaan buku Lughati peneliti jadikan sebagai strategi dalam upaya mencari solusi alternatif untuk dapat meningkatkan minat dan semangat mahasiswa dalam mempelajari kaidah nahwiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mencari alternatif strategi pembelajaran yang lebih tepat untuk diterapkan khususnya dalam pembelajaran kaidah nahwiyah melalui penggunaan buku Lughati. Penelitian ini menggunakan PTK melalui 3 siklus, objek studi ini adalah siswa kelas XI SMA YAPI Al-Husaeni Ciparay Bandung sebanyak 25 orang pada tahun ajaran 2015-2016. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tarakib sya’iah yang ada pada buku Lughati adalah: murakab idhafi, washfi, athfi dan isnadi. Setelah dilakukan tes setiap siklus melalui teknik tadribat diperoleh rata-rata ada peningkatan signifikan, yaitu 54,20 – 56,00 – 65.20. Artinya, buku Lughati dapat meningkatan penguasaan terhadap kaidah nahwiyah para siswa di SMA YAPI Al Husaeni Ciparay Bandung.Kata Kunci: Lughati, tarakib sya’iah, kaidah nahwiyah

Copyrights © 2016