Minda Baharu
Vol 8, No 1 (2024): Minda Baharu

PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL BAGI KELOMPOK EKONOMI RUMAH BATIK INGKLUSI RUBI DI DESA KEDUNGDOWO

Mujiyanti, Sri Ayudha (Unknown)
Suparto, Arico Ayani (Unknown)
Wahyudi, Wahyudi (Unknown)
Hasan, Abil (Unknown)
Candra, Hairel (Unknown)
Fajri, Nurul (Unknown)
Imama, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Mitra pengabdian kepada Masyarakat dalam kegiatan ini adalah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bernama RUBI dalam usaha pemasaran kain batik di Desa Kedungdowo. UMKM ini telah berdiri sejak tahun 2022. Namun, model pemasaran yang digunakan masih konvensional yaitu dengan membuka toko biasa. Untuk itu, perlu diberikan pelatihan pentingnya penggunaan media digital untuk mendukung metode pemasaranyang sudah ada. Anggota RUBI mayoritas adalah penyandang disabilitas, akan tetapi mampu mengoperasikan perangkat digital seperti gadget atau handphone. Metode yang digunakan adalah dengan memberikan pelatihan pembuatan akun-akun di media digital bagi para anggota RUBI dan cara penggunaannya secara optimal untuk kepentingan pemasaran diikuti dengan pendampingan secara berkesinambungan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah kemungkinan pasar yang lebih luas bagi UMKM RUBI. Setelah pelatihan, RUBI bisa mendapatkan pesanan jarak jauh (online) dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi sedrhana untuk menunjang pemasaran baik itu aplikasi untuk membuat konten, penyampaian pesanan dan pembayaran secara daring.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MNDBHRU

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Minda Baharu merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat yang di terbitkan Universitas Riau Kepulauan. Minda Baharu berfokus pada publikasi hasil penciptaan dan penerapan Inovasi dan Teknologi bagi masyarakat dengan lingkup semua disiplin ilmu. Mulai dari Volume 3 tahun 2019, Minda Baharu ...