JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 12 No 3 (2024): Vol 12 No 3 September 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS

Kurnia, ira Restu (Unknown)
Mukhlis, Septian (Unknown)
Misbah, Misbah (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2024

Abstract

Pembelajaran IPS memiliki potensi besar untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Partisipasi siswa merupakan salahsatu elemen penting demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diselenggarakan. Penelitian ini membahas mengenai penerapan model role playing untuk meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan partisipasi siswa setelah model role playing ini diterapkan. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus. Setiap siklusnya terjadi peningkatan indikator partisipasi siswa. Data yang diperoleh sebagai nilai akhir adalah sebesar telah mencaapai nilai rata-rata di atas 80% sehingga hal tersebut dapat membuktikan bahwa model pembelajaran role playing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...