Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini

PENGARUH METODE DEMONSTRASI DALAM KEGIATAN SAINS TERHADAP ASPEK KOGNITIF ANAK USIA 4-6 TAHUN

Shalihat, Hilma Mithalia (Unknown)
Ningsih, Rahmi Wardah (Unknown)
Farida, Niken (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan ini adalah untuk mengetahui perubahan kognitif siswa dengan metode demonstrasi. Penelitian dilakukan pada siswa/siswi PAUD Hello Kids School Deli Serdang, Sumatera Utara. Dari hasil penelitian disimpulkan : (1) kemampuan kognitif dalam kegiatan sains aud usia 4-6 dengan peningkatan hasil observasi awal  dana akhir pada kelas eksperimen, yaitu pada awal 3,425 (SD = 1,37) dan pada akhir 9,675 (SD = 0,831). (2) kemampuan kognitif dalam kegiatan sains anak usia 4-6 dengan peningkatan hasil observasi awal  dana akhir pada kelas kontrol, yaitu pada awal 3,25 (SD = 0,039) dan pada akhir 5,5 (SD = 0,05). Pembelajaran sains dengan menggunakann mettode demonnstrasi dapatt meningkatkan kemampuan koggnitif anak yang leebih baik dari pada sains yang tanpa menggunakan metode demonstrasi. Hal ttersebut sesuaii denggan hasil ujji hipotesiss yang diperoleh tthitung > ttabel yaitu 29,67 > 1,7074. Sehinggga dapat dikatakan bahhwa H0 ditolakk dan Ha diterrima. Dinyataakan bahwwa metode ddemonstrasi sangat bberpengaruh terhadapp kemampuann kognitif anak usia dini khususnya usia 5-6 tahun dalam kegiatan sains.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

sentra

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Public Health Social Sciences Other

Description

FOCUS DAN SCOPE JURNAL SENTRA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Aspek Perkembangan Anak (Nilai Agama dan Moral, Kognitif, Bahasa, Fisik Motorik, Sosial Emosional, dan Seni) Anak Berkebutuhan Khusus / PAUD Inklusi Parenting Manajemen PAUD Kesehatan dan Gizi PAUD Kurikulum, Media, dan Pembelajaran PAUD ...