JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS IPA DI SEKOLAH DASAR

Amri, Nurzil (Unknown)
Hartinawanti (Unknown)
Rosnawati, Veni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Probem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa kelas V SD Negeri Wangkanapi Kota Bau-Bau. Penelitian yang digunakan ex post facto. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebanyak 26 orang dengan 10 laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket model PBL dan tes soal IPA kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model Problem Based Learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan > dimana 3,585 > 2,064 dengan ini ditolak dan diterima, dengan besaran pengaruh 34,9% dan indikator kemampuan berpikir kritis siswa yang paling dominan adalah Elementary Clarification (memberikan penjelasan sederhana) dengan besar pengaruh 16%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...