JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA KETERAMPILAN ABAD 21

Rakhmawati, Devi (Unknown)
Hendracipta, Nana (Unknown)
Pribadi, Reksa Adya (Unknown)
Nurhasanah, Ana (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Pekerjaan guru di abad 21 sangat kompleks dan berubah cepat karena kemajuan ilmu dan teknologi, perubahan demografi, globalisasi, dan lingkungan. Pendidikan abad 21 menekankan keterampilan 4C: kreativitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi. Guru harus menjadi pembelajar dan agen perubahan sekolah, serta mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Berkaitan dengan yang dilakukan oleh SDIT Irysadul Ibad Pandeglang dengan menghadirkan pembelajaran tersebut melalui penggunaan model-model pembelajaran yang sesuai, seperti cooperative learning, problem-based learning, project-based learning, dan discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model-model yang berorientasi pada keterampilan abad 21, proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model-model yang berorientasi pada keterampilan abad 21, hasil dari pelaksanaan model-model pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dimana pengumpulan datanya menggunakan data yang berupa kata-kata, dan gambar. Narasumber pada penelitian ini berjumlah 55. Terdiri dari 1 Orang Kepala Sekolah, 2 Orang Guru, dan 26 Peserta Didik Kelas Abu Ubaidillah dan 26 Peserta didik kelas Jafar. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning, problem based learning, project based learning, dan discovery learning berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan yang disusun para modul ajar dan melaksanakan sintak model-model yang digunakan, hal tersebut dilakukan sebagai sarana pengembangan keterampilan 4C (kreativitas, berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi) peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...