Quantum : Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya
Vol 4, No 1 (2024)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Chintyawati, Sindy (Unknown)
Perdana, Riki (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, dan instrumen penilaian berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi suhu dan kalor untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah RD (Research and Develop) dengan jenis penelitian 4D yaitu define, design, develop,  disseminate. Pada tahapan disseminate dilakukan penyebaran dengan mengirimkan artikel yang telah dibuat ke jurnal yang hendak dituju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penelitian yang telah dirancang terkategori sangat valid dengan persentase validasi RPP sebesar 84,46%, instrumen penilaian sebesar 78,78%, dan LKPD sebesar 82,48%. Perangkat pembelajaran dapat dikategorikan sangat valid jika  persentase validasi lebih besar dari 80%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

QJIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics Social Sciences Other

Description

Quantum: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya (QJPIA) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan Pendidikan IPA. Scope dari QJPIA terdiri dari: Pendidikan Fisika (Inovasi Pembelajaran Fisika, Penilaian dan Evaluasi dalam Fisika, Media dan bahan ajar Fisika, Kurikulum Fisika ...