JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol 8, No 2: Maret 2024

PENGARUH PENGGUNAAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Nabila, Intan (Unknown)
Junaidi, Ilham Arvan (Unknown)
Firdaus, Masagus (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya siswa kelas IV yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran make a match dan yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SD Negeri 21 Palembang. Populasi penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV SD Negeri 21 Palembang dengan sampel penelitian kelas IV B dengan jumlah siswa 25 dan IV C dengan jumlah siswa 23 orang peserta didik diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran Make A Match pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya. Metode yang digunakan eksperimen (true eksperimen design dengan jenis posttest only control design). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini diperoleh uji normalitas diketahui kelas eksperimen sebesar 0,065 > 0,05 dan kelas kontrol 0,049 > 0,05, uji homogenitas sebesar 0,065 > 0,05 disimpulkan datanya berdistribusi normal. Uji t diketahui bahwa ????ℎi????????????g 7,893 > ???????????????????????? 1,679 dengan df 46. Dimana ???????? ditolak dan ???????? diterima, sehingga hipotesisnya menyatakan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Make A Match berbantu media gambar terhadap hasil belajar siswa pada materi bagian tumbuhan dan fungsinya kelas IV SD Negeri 21 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...