Bisnis Net : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
Vol 7, No 1: JUNI 2024

Pengaruh Strategi Komunikasi Terhadap Kepuasan Pemustaka Pada Perpustakaan Politeknik Negeri Medan

Dalim, Muhammad (Unknown)
Pasaribu, Ika Mary (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Strategi Komunikasi Terhadap Kepuasan  Pemustaka Pada Perpustakaan Politeknik Negeri Medan. Penelitian ini  betujuan untuk untuk mengetahui  Bagaiman Pengaruh Strategi komunikasi terhadap kepuasan pemustaka yang dilakukan oleh Pustakawan Politeknik  Negeri Medan. Teori yang digunakan adalah teori kepuasan. Menurut Kotler (2021) menyatakan ” Ada dua (2) teori mengenai kepuasan yaitu  Teori Harapan Kinerja dan Teori Ketidak Cocokan Kognitif. Teori harapan kinerja menyatakan bahwa kepuasan konsumen merupakan suatu fungsi dari harapan konsumen dan hasil yang diharapkan. Jika hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkan maka konsumen akan merasa puas, jika hasil yang didapat lebih dari yang diharapkan maka konsumen akan sangat puas dan jika hasil yang didapatkan tidak seperti apa yang diharapkan, maka konsumen tidak puas.    Populasi penelitian adalah seluruh Anggota Perpustakaan Politeknik Negeri Medan yang terdaftar. Jumlah anggota perpustakaan sebanyak 5994 orang. Sampel penelitian didapat dengan menggunakan rumus Slovin dan hasilnya sebanyak 98 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan  kuisioner, dokumentasi dan pengamatan. Hasil  pengujian menunjukkan bahwa Faktor Strategi Komunikasi berpengaruh positif  dan signifikan terhadap kepuasan pemustaka. Hal ini berarti semakin baik  strategi komunikasi yang diberikan, akan semakin tinggi kepuasan pemustaka.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bisnet

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bisnisnet adalah Jurnal Ekonomi dan Bisnis yang ditertbitkan dan dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa (FEB UNDHAR). Jurnal ini diharapakan dapat menjadi alat informasi dan sosialisasi mengenai hasil-hasil penelitian yang mempunyai relevansi dengan : Manajemen Pemasaran ...