Linggau Journal of Elementary School Education
Vol. 4 No. 1 (2024): Linggau Journal of Elementary School Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAMIFIKASI BERBANTUAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 01 A.WIDODO

Asmarani, Tantri (Unknown)
Satinem (Unknown)
Raflesia, Citra (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbentuk kahoot pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data mempunyai nilai rata-rata pada pre test 41,88% dan post test 83,52%, simpangan baku yang terdapat pada pre test sebesar 12,34 sedangkan post test 9,79, terdapat uji normalitas pada penelitian ini dengan data pre test 4,1969 (x2hitung) 11,07 (x2tabel) dan post test 1,2546 (x2hitung) 11,07 (x2tabel) sehingga dapat dinyatakan dengan x2hitung ≤ x2tabel, uji hipotesis dalam penelitian ini menyatakan post test Zhitung (6,93) dan Ztabel (1,64) sehingga dapat dinyatakan bahwa Zhitung ≥ Ztabel Ha diterima. Hasil dari penelitian diperoleh dengan nilai rata-rata pada pre test 41,88 meningkat menjadi 83,52 pada post test. Simpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran gamifikasi berbantuan kahoot signifikan tuntas dengan presentase siswa yang tuntas sebesar 88,00%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ljese

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

LJESE (Linggau Journal of Elementary School Education) merupakan jurnal bagi mahasiswa, guru dan dosen yang berorientasi pada Pendidikan Sekolah Dasar. LJESE merupakan bagian dari LP3MKIL (Lembaga Publikasi Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan karya Ilmiah Linggau) yang berdiri pada Februari 2021. ...