Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2024): Special Issue

TEACHER PERCEPTIONS IN IMPLEMENTING THE CONCEPT OF INDEPENDENT LEARNING EDUCATION

syahida az zahra (Unknown)
Budi (Unknown)
Agus Salim Hasibuan (Unknown)
Zakiyah Darajah (Unknown)
Tuah Akbar Daulay (Unknown)
Nazla Khairunnisa Damanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

  Pendidikan Merdeka Belajar (PMB) merupakan paradigma baru dalam dunia pendidikan yang mengedepankan kemandirian dan kebebasan belajar bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi kepala sekolah terhadap penerapan konsep PMB di lingkungan pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam kepada kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana penerapan kurikulum Merdeka di SMP Swasta Baitul Aziz, (2) mengetahui kendala apa saja yang dihadapi kurikulum Merdeka bagi siswa dalam belajar. SMP Swasta Baitul Aziz, (3) menjelaskan bagaimana perubahan kurikulum Merdeka di SMP Swasta Baitul Aziz mempengaruhi, (4) menjelaskan peran orang tua dalam kurikulum Merdeka di SMP Swasta Baitul Aziz. Subyek dalam penelitian ini adalah peran kepala sekolah sebagai penunjang pembelajaran pada Kurikulum Merdeka, kemudian peran guru pada Kurikulum Merdeka sebagai arsitek pembelajaran yang inovatif dan fokus pada pengembangan karakter, kreativitas dan kemandirian siswa. Dan siswa sebagai mata pelajaran dalam kurikulum Merdeka bersifat berpusat pada siswa, Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar sesuai minat dan bakatnya bersama-sama dengan guru sebagai arsitek pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa tantangan utama yang dihadapi sekolah yang belum menggunakan KMB antara lain kurangnya pemahaman konsep dan prinsip KMB, keterbatasan sumber daya dan infrastruktur, penolakan terhadap perubahan, dan ketidakpastian terkait peran guru dan siswa. dalam pembelajaran yang lebih mandiri. Maka implikasi temuan tersebut terhadap kebijakan pendidikan dan praktik manajemen sekolah dibahas dalam penelitian ini, beserta rekomendasi untuk memperkuat dukungan bagi sekolah yang sedang dalam proses transisi menuju KMB.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JournalESLR

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Open Access Journals Published The Journal of Educational Science Learning and Research is published regularly twice a year. With three annual publications: January and June Journal of Educational Science Learning and Research is intended to help researchers develop and communicate original research ...