Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2024): Special Issue

THE PRINCIPAL'S PERCEPTION OF THE PRINCIPAL DUTIES AND FUNCTION (TUPOKSI) OF THE SCHOOL PRINCIPAL AT UMMI AIDA IT PRIMARY SCHOOL MEDAN

Nashuha (Unknown)
Hanif Al Ghiffari (Unknown)
Rahmat Siregar (Unknown)
Siti Nurhalizah Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi seorang kepala sekolah di SD IT Ummi Aida mengenai tugas pokok dan fungsi kepala sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara terstruktur dengan Kepala SD IT Ummi Aida sebagai subjek penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala SD IT Ummi Aida memandang tugas dan fungsi kepala sekolah merupakan peran yang meliputi manajerial, motivator dan fasilitator di sekolah. Kepala sekolah menekankan pentingnya kedisiplinan dalam menjalankan tugasnya serta pembagian tugas dan struktur organisasi yang efektif di sekolah. Meski menghadapi kendala dan kesulitan, Kepala Sekolah SD IT Ummi Aida mengakui pentingnya musyawarah dan pengambilan keputusan yang tepat untuk mengatasi kendala tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah menyoroti pentingnya peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SD IT Ummi Aida dan perlunya menciptakan lingkungan kerja yang harmonis di sekolah. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih dalam mengenai persepsi kepala sekolah terhadap tugas pokok dan fungsinya, yang dapat menjadi dasar pengembangan kebijakan dan praktik manajerial di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JournalESLR

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Open Access Journals Published The Journal of Educational Science Learning and Research is published regularly twice a year. With three annual publications: January and June Journal of Educational Science Learning and Research is intended to help researchers develop and communicate original research ...