Jurnal Ilmiah AgriSains
Vol. 25 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah AgriSains

Efektivitas Kombinasi Pakan Alami dan Pakan Buatan terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)

Darsiani, Darsiani (Unknown)
Tuzzamira, Wahdania (Unknown)
Zulfiani, Zulfiani (Unknown)
Yuniati, Dewi (Unknown)
Haser, Teuku Fadlon (Unknown)
Mahfud, Chairul Rusyd (Unknown)
Tartila, Shobrina Silmi Qori (Unknown)
Harahap, Antoni (Unknown)
Febri, Suri Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan kombinasi pakan alami dengan pakan buatan terhadap kinerja pertumbuhan larva udang vaname (Litopenaeus vannamei) dan untuk menentukan dosis terbaik menunjang kinerja pertumbuhan larva udang vaname. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2023 sampai 7 Agustus 2023, di Balai Benih Ikan Pantai Poniang, Desa Tallu Banua, Kecamatan Sendana, Kabupaten Majene, Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian ini didesain menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 5 perlakuan dan 3 ulangan. Uji coba pakan: pakan alami 100% (PA100%), pakan buatan 100% (PB100%), PA50%+PB50%, PA25%+PB75%, dan PA25%+PB75%. Parameter uji yang diamati yaitu percepatan perpindahan stadia udang vaname, panjang mutlak, kelangsungan hidup dan retensi protein. Data dianalisis menggunakan analisis raga ANOVA dengan bantuan SPSS versi 16.0, dan uji lanjut W-Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perpindahan stadia dari Mysis 3 ke stadia post larva 1 (PL1) berlangsung selama 1 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian pakan kombinasi dapat menunjang kinerja pertumbuhan (p˂0,01), namun tidak berpengaruh nyata (p˃0,05) terhadap kelangsungan hidup udang vaname. Disimpulkan bahwa penggunaan pakan kombinasi dapat menunjang kinerja pertumbuhan termasuk retensi protein pada udang vaname.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

agrisains

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Bidang Peternakan: Ilmu Peternakan, Sosial Ekonomi Peternakan, Nutrisi dan Makanan Ternak, Teknologi Hasil Ternak, Pembangunan Peternakan, Produksi Ternak, Budidaya Ternak, Produksi dan Teknologi Pakan Ternak, Bioteknologi Peternakan, Sain Veteriner. Bidang Perikanan: Budidaya Perikanan, Pemanfaatan ...